Cara Kerja Videotron Outdoor | Device Apa Saja Yang Dibutuhkan?





Sebenarnya gimana sih cara kerja videotron itu ? Serumit apa sih cara kerjanya? Atau sebenarnya sistem kerjanya cukup sederhana?

Kebetulan sekali, hari ini Saya ingin membahas cara kerja videotron. Nah kalau Kamu belum tahu videotron itu apa?silahkan baca artikel Saya sebelumnya.

Di artikel tersebut Saya menjelaskan dengan detail apa itu videotron.

Silahkan baca : Definisi Dan Arti Videotron

Sekarang Saya ingin menjelaskan bagaimana sebuah layar videotron besar bisa menyala dan menampilkan iklan ataupun konten-konten gambar / video.

Simak penjelasan Saya di bawah ini :



Perangkat Yang Diperlukan Pada Sistem Kerja Videotron

Untuk menjalankan videotron ada beberapa jenis perangkat yang perlu digunakan. Nah perangkat apa saja yang dibutuhkan? Inilah list device yang diperlukan :

  • Panel Videotron
  • Sender Box
  • Video Processor
  • Player
  • Software / CMS untuk melooping konten

Itu adalah kelima perangkat yang harus digunakan. Saya akan membahas satu persatu fungsi dari device tersebut.

Panel Videotron

Hal yang harus dimiliki untuk menghidupkan videotron tentu saja harus ada panel layar videotronnya. Nah perlu temen – temen tahu , panel videotron itu ada 2 jenis , yaitu : Indoor dan outdoor.

panel led videotron

Gambar yang Saya tampilkan ini adalah contoh panel videotron jenis Outdoor. Jenis videotron ini adalaj jenis type P4, atau pixel 4.  Ini adalah type videotron outdoor dengan kerapatan terkecil.

Karena umumnya videotron untuk type outdoor berkisar antara pixel 10 sampai dengan pixel 32.

Dari segi kerapatan pixel, panel videotron ini juga dibagi menjadi beberapa type. Mulai dari type pixel besar seperti P32, P16, P10, P6 hingga type pixel kecil mulai dari P4, P3, P2, P1 dan bahkan sekarang ini ada yang dibawah P1.

Dari panel videotron inilah gambar / video akan ditampilkan. Jadi ibaratnya, panel ini berfungsi sebagai layar untuk menampilkan konten.

Sender Box

Sender box ini adalah perangkat wajib dari Panel LED. Karena tanpa adanya sender box ini, LED videotron mustahil bisa nyala / hidup.

Panel videotron hanya menerima input kabel sinyal jenis RJ45 atau biasa dikenal dengan nama kabel LAN. Sedangkan media player outputnya adalah HDMI, ada juga yang VGA.

Jadi sebelum konten dari media player masuk ke videotron, konten tersebut masuk terlebih dahulu ke sender box untuk diubah sinyal datanya agar bisa terbaca oleh videotron.

sending box novastar mctrl 300

Gambar yang Saya pegang ini adalah contoh bentuk dari sending box. Ini adalah salah satu jenis sending box dari brand Novastar type Mctrl 300.

Jenis sending box ini sangat umum dan paling banyak digunakan oleh para pemilik videotron.

Pengirim sinyal tersebut berasal dari komponen pada sender box, yaitu sending card. Nah sending card inilah yang akan mengirimkan sinyal melalui kabel RJ45 dan diterima oleh receiving card yang ada di panel LED videotron. Sehinga sinyal data dari konten (gambar/video) dapat terbaca oleh panel videotron.

Jadi bisa dikatakan, sending card ini adalah penterjemah sinyal data dari media player kepada panel videotron.

Saya sudah menulis lebih dalam tentang senderbox. Silahkan Anda baca artikelnya jika ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang fungsi serta jenis jenis senderbox yang recomended.

Baca juga : Apa itu Senderbox? Arti dan Fungsi Senderbox



Video Processor

Kalau sender box ibarat translator atau penterjemah, maka video processor Saya ibaratkan sebagai pengatur lalu lintas konten dan device.

Melalui video processor semua input dan output device diatur.

Sebagai contoh, katakanlah Saya mempunyai 1 layar videotron ukuran 2×3 meter, dan untuk kontennya Saya memiliki player A, player B, kamera A , dan kamera B.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat topologi sistem kerja videotron di bawah ini :

Topologi-Cara-Kerja-Videotron

Kalau dilihat dari gambar , fungsi video processor akan mengatur player manakah yang akan tayang di layar videotron. Dari video processor ini juga yang akan mengatur layer pada screen.

Artinya mengatur layer adalah, satu screen bisa dibelah belah menjadi beberapa layer. Bahasa ini lebih dikenal dengan istilah PIP, atau picture in picture.

Kalau belum mengerti picture in picture (PIP), silahkan lihat gambar di bawah ini :

PIP-Screen

Gambar di atas merupakan ilustrasi dari PIP, area kuning merupakan konten dari player A, warna hijau toska merupakan konten dari kamera A, dan terakhir area hijau merupakan konten dari kamera B.

Untuk membelah satu layar menjadi 3 area seperti gambar diatas merupakan fungsi dari video processor.

Ada satu lagi fungsi yang tidak kalah penting dari video processor. Selain sebagai pengatur input output player dan kustomisasi layar, ternyata video processor juga berfungsi untuk mengatur fit screen agar konten bisa terlihat fitted in / proporsional pada layar.

Saya sudah membuat artikel lebih lengkap mengenai videoprocessor.

Silahkan baca artikel : Apa Itu Video Processor ? Definisi & Fungsinya

Player

Player berfungsi sebagai pemutar konten. Semua jenis device yang bisa memutar gambar dan video disebut player. Berikut ini adalah beberapa contoh player yang dapat dimainkan di videotron :

  • PC / Laptop
  • Digital Signage Player
  • Android Box
  • DVD Player
  • Kamera
  • Apple Tv
  • Dan lain-lain

Dari player inilah sumber utama konten yang akan tayang pada videotron.

Software / CMS (Content Management System)

CMS adalah software / aplikasi untuk mengatur konten. Jenisnya ada yang berbasis aplikasi yang harus di Install pada laptop / digital signage player, atau bahkan ada yang bisa diakses lewat internet (web based).

Jika player adalah hardware untuk memutar konten, maka CMS adalah softwarenya.

Secara fungsinya ada 2 jenis software yang digunakan untuk mengelola konten, yaitu :

  • Software Offline
  • Software Online

Cara Kerja Videotron Outdoor

Biasanya videotron outdoor digunakan untuk kebutuhan advertising. Saya akan memberikan gambaran tentang cara kerjanya dan topologi pemasangannya.

Kali ini Saya akan memberikan contoh untuk videotron outdoor yang pernah dipasang oleh team dari PT. Creative Media Indonesia, yaitu perusahaan tempat Saya bekerja.

Konsepnya adalah, videotron terpasang untuk kebutuhan advertising di pinggir jalan, namun sistem kelolanya menggunakan sistem lokal / offline. Jadi masih menggunakan kabel dan kontennya dimanage dari satu tempat yang jaraknya berkisar 30 meter dari lokasi videotron.

Saya tidak akan membahas tentang instalasi, tapi Saya akan menjelaskan bagaimana konten itu bisa di kontrol sehingga bisa tampil di Videotron.

Biar lebih mengerti konsepnya, silahkan lihat topologi gambar di bawah ini :

topologi-cara-kerja-videotron-outdoor

Dari gambar di atas dapat dijelaskan bahwa, posisi sender box dan CPU diletakkan di ruang control, sedangkan LED videotronnya berada  di luar jalan. Pengontrolan data dilakukan dengan kabel sinyal yaitu kabel RJ45/LAN.

Kalau Kamu perhatikan, tidak ada video processor disana. Kenapa ?

Karena untuk kebutuhan iklan / advertising tidak diperlukan kustomisasi layar, dan hanya menggunakan satu player, yaitu CPU. Jadi tidak ada kebutuhan video processor pada kasus di atas. Karena video processor dibutuhkan apabila ada kebutuhan banyak input/output dan juga kebutuhan kustomisasi layar. Paham ?

Oke kita lanjut. Sekarang bagaimana caranya agar konten bisa tayang dengan sempurna di videotron?

Di dalam CPU tersebut terdapat konten seperti gambar /  video yang akan ditayangkan ke videotron. Maka karena CPU outputnya adalah VGA sedangkan input senderbox adalah DVI, maka kita butuh kabel VGA to DVI untuk menghubungkan CPU ke senderbox.

Sedangkan penghubung dari sender box ke panel videotron menggunakan kabel RJ45.




Setelah semua kabel terpasang langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi resolusi screen videotron melalui senderbox. Jadi tidak bisa serta merta setelah semua kabel dicolok tiba-tiba video / gambar langsung tayang di videotron. Tidak seperti itu.

Perlu ada proses konfigurasi resolusi screen. Karena resolusi konten pada player umumnya tidak sama dengan resolusi screen videotron. Untuk itu butuh konfigurasi resolusi.

Pada konten media player umumnya adalah FullHD dimana resolusinya adalah 1920×1080, sedangkan resolusi screen  LED videotronnya tidak sebesar itu.

Proses yang dilakukan adalah mengatur resolusi konten agar bisa pas dengan resolusi layar LED videotronnya.

Proses konfigurasi ini menggunakan sebuah aplikasi yang terhubung antara CPU, sending box dan panel videotron. Pada proses konfigurasi ada 4 hal yang dilakukan, yaitu :

  • Memastikan semua panel videotron terbaca pada sending box
  • Mensetting jalur kabel LAN pada setiap panel LED Videotron
  • Pengaturan kecerahan layar
  • Pengaturan resolusi layar

Nah, kalau keempat tahap itu sudah selesai maka konten pada videotron bisa diputar melalui CMS yang sudah terinstall pada CPU.

Penutup

Nah, kira-kira bergitulah sistem cara kerja videotron, khususnya videotron outdoor. Sistem yang Saja jelaskan diatas adalah sistem pengelolaan konten dengan cara offline / lokal. Sistem kerja videotron outdoor online dan offline hampir mirip-mirip.

Bedanya pada pengoperasian online dibutuhkan koneksi internet dan aplikasi yang mendukung untuk pengaturan konten secara online / cloud system.

Sampai sini dulu artikel ini. Kalau ada pertanyaan seputar videotron silahkan hubungi Saya Disini.




This Post Has 6 Comments

  1. Selamat pagi Mas Junaedi Alwi..
    mas untuk kabelnya diganti DVI to HDMI bisa mas?
    ada jenis laptop/PC khusus tidak mas dalam pemakaiannya?

    Terimakasih.
    semoga semakin sukses mas alwi

    1. Selamat Pagi juga Mas Dedi,..
      Kabel HDMI to DVI juga bisa digunakan Mas. Tidak disarankan untuk menggunakan converter HDMI to DVI, lebih baik menggunakan kabel HDMI to DVI.
      Alasannya karena transmit datanya ada kecenderungan menurun pak. Saya pernah menggunakan kabel HDMI lalu untuk masuk ke controllernya menggunakan converter HDMI to DVI. Untuk range jarak dekat ini bukan masalah tapi permasalahan muncul ketika rangenya terlalu jauh, sehingga transmit data menjadi turun.

      Semoga jawaban ini membantu

  2. Selamat siang mas, boleh nanya ya mas :
    Apakah di videotron perlu dipasang computer ? kemudian apakah bisa kirim video secara remot via internet ? kalau boleh minta wa nya mas, ini wa saya: 0852 1994 0605

    1. Selamat siang Pak Ovick. Videotron bisa dipasang komputer pak sebagai alat untuk memutar konten. Kirim video pun bisa menggunakan internet. Kalau bapak menggunakan CMS seperti novastudio, Bapak bisa memanfaatkan layanan team viewer untuk meremot desktop/computer dari jarak jauh. Tapi kalau boleh merekomendasikan silahkan gunakan CMS seperti signagelive / Scala untuk mengelola konten dari jarak jauh. Semoga membantu.

  3. Selamat Malam Mas, Kalau semua kabel sudah terhubung tetep gbr di layar LED nya masih belum sempurna, kira kira apanya yang kurang ya, saya bingung juga, apa mungkin ga receiver nya rusak,tap[ hampir sepertiga nya kalau memang rusak. mohon pencerahannya mas, terima kasih.

    1. Halo Mas Ajay, Ada banyak kemungkinan mas. Saya tidak tahu persis rusaknya seperti apa. Apakah nyala sebagian atau cuma beberapa modul/panel yang mati. Yang pertama tes kabel sinyal dulu mas, kalau rusak ganti baru kalau kabel tidak bermasalah coba cek kabel flat, receiving, power supply. harus tes satu satu. Kalau Mas ajay pakai novastar sebenarnya bisa dimonitoring melalui software ada komponen apa yang rusak. Saran saya lakukan testing satu persatu komponennya mas.

Leave a Reply

Close Menu