Komponen Videotron : Apa Saja Isi Komponen Videotron?





Pernah penasaran gak sih isi dalaman videotron itu apa saja? Komponen videotron yang digunakan apa saja sehingga bisa menjadi tampilan yang apik dan indah ketika menyala.

Sebenarnya videotron itu adalah sekumpulan lampu yang digabungkan dan sudah terkonfigurasi agar bisa menampilkan konten melalui lampu-lampu tersebut.

Warna yang digunakan adalah warna RGB yaitu ; red, green, blue atau merah, hijau, biru.

Ada dua jenis lampu yang digunakan pada videotron yaitu jenis lampu DIP dan lampu SMD.

jjenis lampu led videotron

Lampu DIP biasanya digunakan untuk kebutuhan videotron outdoor, sedangkan yang SMD untuk kebutuhan indoor. Tapi saat ini sudah muncul teknologi baru yang memungkinkan lampu SMD juga digunakan untuk kebutuhan outdoor juga.

Nah yang ingin Saya bahas adalah komponen-komponen pada sebuah laya videotron, mulai dari yang terbesar hingga yang terkecil. Saya akan memperinci mulai dari sebuah layar LED videotron yang besar hingga menjadi satuan-satuan lampu LED.

Mari kita bahas mulai dari yang terbesar.

 

Komponen Videotron Outdoor & Indoor

Layar Videotron

Bagian paling besar adalah sebuah layar videotron. Layar videotron ini adalah gabungan dari beberapa panel layar led yang digabungkan sehingga bisa menjadi sebuah layar yang besar.

Jadi jangan salah jika Anda melihat videotron yang besar bukan ukuran layarnya tiba – tiba sebesar itu, melainkan itu adalah gabungan panel yang disusun sehingga menjadi sebesar itu.

Ini adalah komponen yang paling lengkap dari sistem videotron, yaitu layar videotron.

Videotron Indoor - GBI Lewi Cibubur

Layar ini adalah bagian terlengkap dari satu sistem videotron. Nah kalau sudah berbicara sistem videotron akan ada banyak device yang digunakan untuk mengkonfigurasi sebuah videotron sehingga bisa dicontrol baik secara online maupun offline.

 

Baca juga : Cara Kerja Videotron Outdoor | Device Apa Saja Yang Dibutuhkan?

Panel LED

Panel led videotron adalah gabungan dari beberapa modul videotron. Jadi jika Anda melihat sebuah videotron ukuran 9 x 6 meter tidak berarti layarnya memang seukuran itu. Tidak seperti itu.

Untuk mengcover kebutuhan led videotron yang besar dibutuhkan banyak panel videotron yang digabungkan sehingga bisa menjadi ukuran yang besar. Dengan begitu ukuran videotron bisa di adjust atau disesuaikan dengan kebutuhan.

Seperti apa bentuk dari panel videotron, silahkan lihat gambar di bawah ini.

panel led videotron

Panel videotron di atas adalah jenis panel dengan lampu SMD. Hanya saja ini adalah untuk outdoor. Nah dari satu panel LED tersebut terdiri dari beberapa modul.

Nah isi dalam sebuah panel LED ternyata bukan hanya modul saja, tapi juga ada power supply, receiving card, flat cable, hub board, dan lain-lain.  Jika Anda ingin tahu apa saja isi dari sebuah panel LED videotron seperti inilah penampakannya.

 

Isi Panel Videotron

Jika dilihat dari gambar di atas, maka tampak disana ada beberapa komponen yang Saya sebutkan di atas beserta cable penghubung. Ya seperti inilah kira-kira isi dalam sebuah panel LED.

Selanjutnya kita akan bahas untuk komponen pertama yaitu adalah modul LED.

Modul LED

Seperti yang sudah Saya jelaskan sebelumnya bahwa videotron sebenarnya adalah sekumpulan lampu LED. Biasanya lampu-lampu LED tersebut digabungkan dalam sebuah modul. Jadi artinya modul led terdiri dari beberapa lampu LED, nah kalau ingin tahu modul LED itu seperti apa silahkan lihat gambar di bawah ini :

jarak pandang ideal videotron

Gambar di atas menunjukan jenis modul DIP dan Modul SMD.  Dari modul inilah gabungan beberapa led disusun dengan rapi sehingga menjadi satu kesatuan. Beberapa modul led biasanya digabungkan sehingga menjadi sebuah panel LED.

Bagaimana posisi modul led pada sebuah panel LED. Silahkan lihat gambar di bawah ini.

Keunggulan videotron pada modul

Pada gambar di atas Saya mencabut satu buah modul dalam sebuah panel. Jadi satu panel LED bisa terdiri dari beberapa modul LED.

Jumlahnya bervariasi sesuai dengan type LED itu sendiri. Ada jenis panel videotron yang isinya ada 2 modul, ada juga yang 1 panel berisi 4 modul. Yah macam -macam lah sesuai dengan type LED itu sendiri.

Dalam satu modul terdiri dari banyak sekali lampu LED yang dihubungkan melalui papan IC / IC board.

Perlu Anda tahu satu hal yang special dari LED videotron selain ukurannya yang bisa adjustable adalah jika salah satu layarnya rusak maka tidak akan mempengaruhi semua layar. Karena proses transfer datanya menggunakan rangkaian paralel maka jika ada yang rusak biasanya hanya berdampak pada modulnya saja. Dan secara keseluruhan modul dan panel yang lain tidak ikut terganggu.




Dan lebih enaknya kita bisa lepaskan modul yang rusak lalu menggantinya dengan yang bagus. Jadi bisa parsial jika ada maintenance atau perbaikan pada modul yang rusak.

Power Supply

Power Supply

Setiap panel LED videotron pasti memiliki power supply didalamnya. Fungsi power supply ini adalah sebagai pemnyalur elektrikal / power yang diterima dari sumber listrik dari luar.

Proses pembagian arus listrik ini dibagikan kepada modul LED dan receiving card. Tanpa adanya power supply maka dipastikan panel LED tidak akan bisa menyala. Karena sumber arus listrik semua tersimpan dan dibagikan lewat power supply ini.

Receiving Card

Receiving Card

Receiving card adalah sebuah komponen yang fungsinya adalah menerjemahkan sinyal data yang dikirim melalui sending card. Biasanya kita menggunakan kabel UTP atau kabel LAN.

Si receiving card inilah yang akan meneruskan sinyal data berupa konten dalam bentuk gambar maupun video ke tiap tiap -tiap panel LED. Jika sinyal data diterima dengan baik maka konten gambar ataupun video bisa tayang pada layar videotron.

Setiap panel LED memiliki receiving card, dan setiap panel harus di setting satu persatu atau di konfigurasi terlebih dahulu agar konten bisa tayang dengan baik di layar LED.

Proses penyetingan gambar pada recevingnya menggunakan software konfigurasi. Tergantung dari brand yang digunakan, softwarenyapun berbeda antara satu brand dengan brand yang lainnya.

Sebagai contoh jika Anda mengunakan receiving card merk Novastar maka Anda menggunakan software yang dikeluarkan oleh Novastar bernama Nova LCT Mars sebagai software untuk konfigurasi.

Kabel Flat

kabel flat

Kabel flat selalu dijumpai pada setiap panel videotron. Fungsi kabel ini adalah sebagai media pendistribusian data dari receiving card ke setiap modul LED.

Kalau sebelumnya receiving card menerima sinyal data dari sending card melalui kabel UTP / LAN, maka fungsi kabel flat inilah yang meneruskan data tersebut ke setiap modul LED.

Jadi proses pendistribusian data ini berkesinambungan dengan menggunakan jenis kabel yang berbeda.

 

Kesimpulan

Jadi setiap layar videotron itu terdiri dari kumpulan panel-panel videotron, dimana setiap panel videotron memiliki komponen videotron yang fungsinya berbeda-beda. Apa saja komponen videotron yang ada dalam 1 panel , adalah sebagai berikut :

  • Modul LED
  • Power Supply
  • Receiving Card
  • Kabel Flat

Semua komponen tersebut wajib ada dalam satu panel, karena kalau salah satu ada yang missed ataupun rusak maka bisa dipastikan akan bermasalah pada videotron Anda.

Semoga informasi singkat ini sedikit membantu Anda mengetahui apa saja komponen-komponen penting dalam sebuah layar videotron beserta fungsinya.




Leave a Reply

Close Menu