Ini Dia Software Untuk Videotron Outdoor | Offline Dan Online





Mungkin Kamu bertanya-tanya, gimana sih caranya mengelola konten video atau gambar pada videotron? Itu sebenarnya dikelola online atau offline sih? Apa sih jenis software untuk videotron yang digunakan?

Nah kebetulan, di artikel ini Saya ingin membahas tentang software apa yang digunakan biasanya oleh para pengelola videotron untuk mengontrol kontennya.

Ada 2 koneksi yang bisa digunakan untuk mengelola videotron, yaitu :

  • Koneksi offline tanpa internet
  • Koneksi online dengan internet

Software yang digunakan juga berbeda antara yang menggunakan koneksi offline dan koneksi online.

Okay kita bahas yang pertama dulu.

Software Offline Untuk Videotron Outdoor

Offline berarti pengelolaan tanpa koneksi internet. Ketika sebuah videotron ingin dikontrol dengan metode offline berarti semua bekerja dengan menggunakan kabel.

Dalam hal ini yang digunakan adalah jenis kabel RJ45, atau biasa disebut dengan kabel LAN. Ada kekurangan pada koneksi menggunakan kabel LAN, yaitu jarak maksimal yang bisa dikontrol adalah 100 meter. Ini artinya ruang kontrol tidak bisa lebih dari 100 meter dari lokasi videotron.

Jika ingin lebih dari 100 meter, solusi lain adalah menggunakan jenis kabel fiber / fiber optic. Kabel fiber ini mampu mentrasnfer data hingga maksimal 10 Km. Tapi kelemahan menggunakan kabel fiber adalah harganya yang sangat mahal.

Oke, itu sekilas tentang metode transfer data yang digunakan untuk koneksi offline. Solusinya ada 2 yaitu, :

  • Menggunakan kabel LAN (maksimum 100 meter)
  • Menggunakan kabel fiber optic (maksimum 1o km)

Lalu, softwarenya menggunakan apa ?

Software yang digunakan paling umum adalah Novastudio dan Colorlight. Kedua sofware ini adalah software yang paling umum dan paling banyak digunakan oleh pemilik videotron di seluruh Indonesia.

Saya akan membahas tentang Software Novastudio di artikel ini, karena menurut Saya lebih mudah digunakan ketimbang Colorlight.



Novastudio : Software Untuk Mengelola Konten Videotron Offline

Novastudio adalah aplikasi “GRATIS” dari Novastar. Aplikasi ini berbasis Windows jadi hanya bisa digunakan untuk komputer dengan OS Windows saja.

Untuk mendownload aplikasi ini silahkan klik link di bawah ini :

 Download Software Novastudio

Kamu hanya perlu menginstall aplikasi ini di komputer Kamu dan menjalankan aplikasi ini untuk mengontrol videotron yang Kamu punya.

Berikut ini adalah feature yang dimiliki oleh aplikasi Novastudio :

  • Scheduling / penjadwalan konten
  • Running Text
  • Pengaturan ukuran resolusi layar
  • Proof Of Play / Bukti Tayang
  • Website Feed
  • Widget Time
  • Widget Cuaca

Aplikasi ini berjalan dengan cara mengextend layar. Artinya layar extend lah yang akan menjadi tampilan yang muncul di layar videotron. Sedangkan layar utama tidak muncul. Tapi kelemahan aplikasi ini adalah tampilan utama aplikasi bisa muncul di videotron.

Sebagai satu contoh, apabila kita sedang menyeting pada aplikasi dan windows tersebut bergeser ke layar extend maka tampilan tersebut akan tayang di videotron. Sebagai contoh silahkan lihat gambar di bawah ini.

 

sistem kerja software untuk videotron novastudio

Dari gambar di atas bisa diumpamakan layar kiri adalah layar utama dan layar kanan adalah layar extend (yang muncul di videotron). Kalau tidak hati – hati pada saat menyeting layar, maka tampilan layar utama bisa muncul di layar videotron.

Aplikasi ini sangat cocok apabila digunakan untuk mengontrol satu videotron saja. Apabila videotron yang dikontrol lebih dari satu dan jaraknya berjauhan, maka kita tidak bisa menggunakan aplikasi ini jika ingin mengontrol banyak videotron, apalagi jika jaraknya berjauhan.

Kalaupun ingin mengontrol dari jarak jauh, Kamu memerlukan aplikasi tambahan bernama Team Viewer untuk mengontrol aplikasi ini dari jarak jauh menggunakan  koneksi internet.

Tapi setahu Saya aplikasi Team Viewer ini hanya bisa bekerja secara One by One. Artinya kalau Kamu memiliki katakanlah 10 videotron, berarti Kamu harus melakukan 10 kali login dan logout untuk mengontrol kesepuluh videotron tersebut. Selain itu Kamu juga harus 10 kali mengupload satu persatu.

Anyway, jika Anda ingin tahu bagaimana cara pengoperasiannya, silahkan simak video tutorialnya di bawah ini :

Signagelive : Software Untuk Mengelola Konten Videotron Online

Signagelive adalah sebuah aplikasi dengan sistem web based. Aplikasi ini bisa running cross platform mulai dari Android, Windows, WebOS, ChromeOS, dan masih banyak lagi. Jadi bisa diinstallkan ke Windows saja. Hanya saja aplikasi ini berbayar.

Aplikasi ini hanya diisntalkan di media player videotron dan untuk mengontrolnya Kamu hanya perlu login ke website Signagelive.

Anyway, harga aplikasi ini sekitar $270 pertahun per videotron.




Memang terbilang cukup mahal, tapi kalau melihat featurenya Saya pikir harga tersebut cukup worthed. Berikut ini adalah beberapa feature yang dimiliki Signagelive :

  • Scheduling / penjadwalan konten
  • Running Text
  • Pengaturan ukuran resolusi layar
  • Social Media
  • Website Feed
  • Widget Time
  • Widget Cuaca
  • FREE template
  • Sistem keamanan tinggi
  • Unlimited cloud storage
  • Library system
  • Dashboard monitoring
  • Multi level admin
  • Centralized control

Dengan menggunakan Signagelive, Kamu bisa mengontrol banyak videotron dari satu tempat. Banyak penghematan waktu dan usaha ketika menggunakan aplikasi ini.

 

Topologi software untuk videotron outdoor

Gambar di atas adalah topologi untuk skema pengontrolan videotron. Berbeda dengan sistem remote pada Team Viewer, Signagelive hanya mengontrol konten saja. Sedangkan Team Viewer berkerja mengontrol semua aktivitas komputasi layaknya komputer.

Untuk lebih jelasnya tentang perbedaan Team Viewer dan Signagelive silahkan baca artikel Saya di bawah ini

Baca juga : Aplikasi Videotron Signagelive | Pengendali Videotron Jarak Jauh (100% Aman)

Sedangkan untuk perbedaan feature Novastudio dan Signagelive silahkan lihat tabel di bawah ini.

novastar vs signagelive

Tabel kiri adalah feature dari Novatudiio dan yang kanan Signagelive.

Secara sistem kerjanya, aplikasi ini dikontrol via internet. Dari satu dashboard kita bisa langsung mengontrol semua videotron tanpa perlu berkali-kali login dan logout dan upload konten berkali-kali.

Kamu bisa memblast sekaligus konten baru ke seluruh videotron yang Kamu punya. Selama Kamu memegang laptop dan ada koneksi internet, Kamu bisa mempublishnya dimana saja dan kapan saja.

Yang perlu Kamu lakukan hanya perlu mengakses website Signagelive, login dan publish. Sesimpel itu.

Sistem keamanan aplikasi ini juga sangat tinggi, jadi Kamu tidak perlu khawatir videotronmu terkena pembajakan / hacked.

Kesimpulan

Kedua aplikasi ini bagus digunakan sesuai dengan solusinya masing-masing. Novastudio lebih cocok digunakan pada koneksi non internet dan untuk single videotron. Tapi untuk solusi kontrol jarak jauh dengan jumlah videotron yang banyak Signagelive adalah solusi yang tepat.

Tinggal bagaimana Kamu dan kebutuhan yang Kamu inginkan.




Leave a Reply