ACE : Absen Certified Engineer | Sertifikasi Teknisi LED Absen





Selasa 9 Juli 2019 kemarin Saya berkesempatan mengikuti sertifikasi dan training teknisi LED dari Absen LED di Twin Plaza Hotel, Slipi Jakarta Barat. Event ini bernama ACE atau Absen Certified Engineer.

Event training ini berlangsung selama 3 hari  mulai dari Selasa 9 Juli  2019 hingga 11 Juli 2019 . Materinya sangat padat dan akan berlangsung  8,5 jam perharinya, yatu mulai jam 9.00 s/d 17.30.

Anyway, Absen LED adalah salah satu produsen LED terbesar di Cina. Kebetulan kantor tempat Saya bekerja ( PT. Creative Media Indonesia) adalah distributor resmi Absen LED di Indonesia. Karna itulah Saya bisa mendapatkan kesempatan yang berharga ini.

Website resmi Absen LED

Banyak materi yang Saya pelajari dari pelatihan ini. Mulai dari materi teori dasar pengetahuan mengenai LED videotron, jenis lampu yang digunakan, jenis controller dan software yang digunakan, hingga praktek instalasi dan konfigurasi LED videotron.

Tidak hanya itu, Saya dan para peserta lain juga mendapatkan knowledge untuk reparasi LED dan menangani troubleshoot LED Videotron.

Just information,  event kali ini diikuti oleh 64 peserta dari perusahaan perusahaan LED videotron yang ada di Indonesia. Ini adalah event training dan sertifikasi terbesar yang pernah diadakan oleh Absen LED. Karena biasanya pesertanya tidak pernah lebih dari 20 teknisi.

Saya bertemu dengan beberapa teknisi senior dari perusahaan lain dan asiknya kita saling berbagi ilmu dan share pengalaman tentang LED Videotron.

Banyak sekali insigh-insight baru dan sistem kerja yang lebih efektif diajarkan di kelas training ini. Kayaknya udah gak sabar mau menulis banyak artikel tentang knowledge teknis LED videotron di blog ini.

oh iya, Absen Certified Engginer sendiri biasanya hanya diadakan setahun maksimal 2  kali. Dan ini adalah kali keduanya saya ikut event ini.

Sebelumnya saya ikut sebagai translator. Karena teknisi yang mengajar menggunakan bahasa Inggris so Saya membantu rekan teknisi lain untuk menerjemahkan ke bahasa Indonesia agar mereka mengerti.

Tapi saat ini saya ikut sebagai participant / peserta training. 



Kegiatan Selama Acara Absen Certified Engineer

 

Selama 3 hari kegiatan, ada 3 pembicara yang mengajarkan yaitu Mr. Allen, Mr. Kenny, dan Mr. Tony.

Ketiganya adalah teknisi dari team Absen LED yang sudah kawakan. Terutama Mr. Kenny. Beliau adalah teknisi khusus yang menangani area Eropa dan sudah bergabung di Absen lebih dari 15 tahun. Namun di kesempatan kali ini beliau datang dan memberikan training. Feel so grateful !

Materi event dibagi menjadi beberapa sesi selama 3 hari,

Di hari pertama, kami mempelajari tentang dasar teori LED videotron serta jenis controller LED videotron seperti Novastar dan Colorlight. Selai itu Saya juga belajar tentang mengkonfigurasi LED videotron menggunakan software melalui sending box.

Bagaimana membuat konfigurasi screen dengan resolusi ultra HD dan ruang kontrol yang sangat jauh.

Dihari kedua para peserta belajar tentang komponen-komponen dalam LED seperti IC, Hub Board, Power Supply, Modul LED, dan banyak lagi.

Kami juga diajarkan bagaimana mengkalibarasi tingkat kecerahan dan warna pada sebuah modul LED. Selain itu juga diajarkan bagaimana cara menyolder IC dan menyolder jenis lampu DIP dan SMD. ( gambar diatas Mr. Kenny sedang mengajarkan cara menyolder IC )

Di hari ketiga Saya belajar tentang bagaimana tehnik maintenance yang baik serta belajar membackup signal. Dan terakhir adalah test tertulis dan test praktek.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat agenda selama pelatihan di bawah ini.

Agenda ACE

Menjadi Best Translator Di ACE

Tujuan mengikuti ACE ini sebenarnya adalah untuk mendapatkan sertifikat teknisi resmi dari Absen LED. Namun kenyataan berkata lain. Saya hanya mendapatkan hadiah dari Absen karena telah membantu mereka menerjemahkan materi training kepada peserta lain.

Score saya saat ini belum mencukupi untuk bisa menjadi teknisi dari Absen. Saya hanya mendapatkan score 77, sedangkan untuk lulus harus mendapatkan 80 point. Nilai soldering Saya cukup buruk karena memang Saya tidak memiliki kemampuan solder yang baik.

Tapi Saya tidak pulang dengan tangan kosong karena Absen memberikan penghargaan kepada Saya sebagai best translator selama 3 hari pelatihan membantu menerjemahkan materi ke bahasa Indonesia.

 

ACE Best Translator

Itu saja sedikit pengalaman yang bisa Saya share selama mengikuti pelatihan teknisi LED videotron ini.

Mungkin Kamu pernah mengikuti acara serupa seperti ini. Silahkan share pengalaman Kamu di kolom komentar yah.




This Post Has 2 Comments

  1. Luluk Baskiro

    Pak. Saya pelaku marketing videotron secara freelanch. Saya sudah bbrp kali dipercaya maintenance dan pengadaan instansi pemerintah.
    Tapi saya tau videotron secara tehnis cuma garis besarnya saja.
    Supaya saya tidak ketergantungan pada tehnisi yang susah saya jadwalkan dan supaya saya tau secara detail dan mengusasai bidang yang saya jual saya ingin ikut semacam pelatihan tehnis.
    Adakah penyelenggaraan semacam balai latihan untuk hal videotron?

    1. Junaedi Alwi

      Sampai Saat ini sih setahu Saya belum ada pak, Sayapun dapat pelatihan karena undangan dari principal dalam hal ini ABSEN LED.
      Semua pengetahuan mulai dari teori hardwre / software, praktek Instalasi, repair, trobleshoot Saya dapatkan dari Principal.
      Karena kebetulan tempat Saya bekerja memang distributor resmi dari brand ABSEN LED.

Leave a Reply