Videotron VS LCD | Keunggulan Videotron Dari TV LCD





Mending pilih tv lcd atau videotron yah baiknya untuk media iklan? Kebetulan di artikel ini Saya akan membahas perbandingan videotron vs tv lcd. Apa keunggulan videotron dibanding tv lcd?

Kamu pasti tahu tv lcd, tapi jika kamu baru mendengar istilah videotron. Kamu bisa baca artikel Saya sebelumnya.

Baca juga : Definisi Dan Arti Videotron

Keunggulan Videotron

Kini perkembangan videotron di dunia periklanan cukup berkembang pesat. Khusus untuk media iklan outdoor, media display yang satu ini mulai menggantikan posisi baliho printing sebagai media iklan yang sedang digandrungi saat ini.

Tapi untuk kebutuhan indoor, videotron masih harus bersaing dengan tv lcd. Karena dari beberapa aspek tv lcd masih lebih unggul dibanding dengan videotron.  Apa saja keunggulan videotron dan tv lcd? Yuk simak penjelasan Saya di bawah ini.

1. Dari Segi Ukuran

Kalau bicara soal ukuran, tv lcd menguasai pasar dengan ukuran layar yang lebih kecil, yaitu ukuran 10 sampai dengan 90 inch.

Tapi sayangnya untuk layar ukuran besar, layar lcd memiliki keterbatasan ukuran karena ukurannya maksimal hanya sekitar 90 inch.

Beda halnya dengan videotron. Layar videotron bisa di kutomisasi menjadi ukuran yang besar. Karena sifatnya yang adjustable videotron bisa mencapai ukuran puluhan meter.

Bisa dikatakan untuk ukuran kecil tv lcd masih unggul, tapi untuk kebutuhan ukuran layar besar videotron lebih unggul.



2. Dari Segi Kecerahan

Kecerahan cahaya dari layar dapat dikukur menggunakan satuan nits. Umumnya untuk ditempatkan di area outdoor, sebuah layar minimal harus memiliki tingkat kecerahan / brightness sekitar 6.000 nits agar tetap bisa terlihat di bawah sinar matahari.

Sayangnya layar lcd tidak memiliki tingkat kecerahan sebesar itu. Karena umumnya layar lcd ditempatkan di ruangan indoor.

Untuk ukuran indoor hanya membutuhkan 400 – 800 nits. Tidak dibutuhkan tingkat kecerahan yang begitu tinggi. Dan umumnya layar lcd maksimal hanya memiliki tingkat kecerahan cahaya sebesar 500 nits.

So, untuk tingkat kecerahan videotron jauh lebih unggul dibandingkan tv lcd.

3. Dari Segi Bezel

Bezel adalah lapisan tepi dari sebuah layar lcd. Kalau Kamu perhatikan sebuah layar / tv lcd Kamu bisa melihat lapisan tepi dari tv lcd.

Umumnya untuk membuat layar dengan ukuran yang besar, beberapa layar lcd biasanya digabungkan menjadi satu. Penggabungan beberapa lcd menjadi satu biasa dikenal dengan sebutan videowall.

Bezel pada tv lcd videowall menampakan garis-garis bezel pada layar. Berbeda dengan videotron yang modul-modulnya tidak memiliki bezel.

So, konten yang muncul pada videowall terganggu dengan bezel pada tiap screen. Sedangkan pada videotron semua terlihat mulus tanpa terhalang bezel. Ini adalah salah satu keunggulan yang dimiliki videotron.

4. Dari Segi Ketahanan Layar

Layar lcd memiliki ketahanan pemakaian normal hingga 50.000 jam. Sedangkan videotron memiliki ketahanan 2 kali lebih kuat dan tahan lama yaitu sebanyak 100.000 jam untuk pemakaian normal.

Ini mengindikasikan bahwa videotron memiliki ketangguhan yang lebih unggul dibandingkan layar lcd.

5. Dari Segi Kemudahan Reparasi

Layar videotron terdiri dari perpaduan panel dan modul-modul lampu led. Apabila ada kerusakan maka tidak semua panel layarnya diganti.

Karena sifatnya parsial / terdiri dari beberapa part, maka jika terjadi kerusakan pada videotron hanya perlu mencopot bagian yang rusaknya saja.

Keunggulan videotron pada modulSilahkan lihat gambar, di gambar tersebut adalah contoh modul led yang bisa di bongkar pasang.

Artinya ketika videotron mengalami kerusakan, maka tidak perlu semuanya diperbaiki. Hanya perlu mengambil modul / panel yang rusaknya saja.

Berbeda dengan tv lcd, karena sifatnya hanya terdiri dari satu panel, jadi apabila terjadi kerusakan maka semua panelnya harus diperbaiki.

Bisa dikatakan juga ini adalah salah satu kelemahan dari panel lcd.

 

 

6. Dari Segi Penempatan Layar

Sudah saya sebutkan di atas bahwa layar lcd hanya diperuntukan untuk penempatan di area indoor.

Selama Saya bekerja di dunia layar display, belum pernah Saya menemukan sebuah layar lcd yang bisa digunakan untuk kebutuhan outdoor.

Karena memang tingkat kecerahan pada layar lcd di design tidak diperuntukan di area outdoor. Berbeda dengan videotron. Layar videotron memiliki 2 type, yaitu outdoor dan indoor. Maka videotron bisa digunakan untuk area indoor dan juga outdoor.

Jadi bisa didimpulkan bahwa untuk keperluan outdoor tv lcd tidak bisa digunakan untuk mengcover kebutuhan layar di area outdoor.

7. Dari Segi Grayscale

Grayscale adalah tingkat warna monocrom atau warna gelap ke warna terang. Semakin tinggi tingkat grayscale, maka semakin banyak jumlah warna yang dimiliki oleh videotron.

Videotron memiliki tingkat grayscale hingga 16 bit, sedangkan layar lcd 8 bit. Ini artinya videotron memiliki tingkat warna yang lebih banyak dibanding dengan lcd.

 

Tambahan

Memang dari beberapa aspek yang Saya sebutkan di atas adalah kelebihan yang dimiliki oleh videotron dibanding dengan tc lcd. Tapi tidak berarti videotron tidak memiliki kelemahan di banding tv lcd. Salah satu kelemahan videotron sudah Saya sebutkan di atas.

Mungkin artikel berikutnya Saya akan membahas tentang kelemahan videotron dibanding tv lcd.

Semoga informasi ini bermanfaat.




Leave a Reply