Definisi Dan Arti Videotron




Definisi Videotron

Apa sih definisi videotron itu? Kayaknya sering banget denger kata videotron tapi gak ngerti maksudnya!

Kamu pernah lihat layar besar di sepanjang jalan protokol? Atau layar besar yang menempel pada gedung-gedung besar?

Nah itu namanya adalah videotron guys.

Jadi sebenarnya apa itu videotron? Maksud dari definisi videotron itu sendiri apa artinya?

Okay, sebenarnya layar besar yang disebut videotron itu dikenal dengan nama LED display diluar negri. Cuma di Indonesia disebut dengan nama videotron. Saya kurang paham bagaimana sejarahnya sehingga disini lebih populer dengan nama videotron.



Sesuai dengan pengalama Saya sebagai seorang R&D di sebuah perusahaan videotron di Indonesia, menurut Saya definisi videotron adalah sebagai berikut :

Videotron adalah sebuah panel layar yang menggunakan teknologi lampu LED yang memiliki fungsi untuk menampilkan gambar, video, chart, diagram, atau apapun juga.

Sebenarnya layar besar yang kalian lihat di jalan besar itu adalah hanya sekumpulan panel lampu LED yang digabungkan sehingga menjadi layar yang besar. Jadi bukan tiba – tiba ada ukuran layar sebesar itu. Tidak seperti itu.

videotron indoor absen icon

Seperti contohnya pada foto Saya di atas. Videotron yang ada foto tersebut adalah jenis videotron khusus untuk indoor. Jadi tidak tiba-tiba ukurannya sebesar di foto. Videotron tersebut di susun dari rangkaian panel-panel LED sehingga menjadi seukuran itu.

Tapi, lampu LED yang digunakan di videotron berbeda lho dengan led yang digunakan pada lampu penerangan.

Jenis Videotron

Tadi saya menyinggung ada kata videotron indoor. Nah sebenarnya ituadalah salah satu jenis dari videotron. Videotron itu sendiri terbagi menjadi 2 jenis , yaitu :

  • Videotron indoor
  • Videotron outdoor

Sesuai dengan namanya, videotron indoor berarti penggunaannya khusus untuk di dalam ruangan saja, sedangkan yang outdoor untuk luar ruangan.

Oh iya tadi Saya sempat bilang bahwa lampu yang digunakan untuk videotron berbeda dengan lampu led untuk penerangan. Jadi perbedaannya adalah jenis lampu yang digunakan.

Untuk led videotron outdoor umumnya menggunakan lampu jenis DIP (Dual In-line Package), sedangkan yang indoor menggunakan jenis lampu SMD (Surface Mount Device).

Nah untuk lebih jelasnya seperti apa penampakan lampu tersebut silahkan lihat gambar di bawah ini :

Lampu videotron DIP

Gambar ini merupakan jenis lampu DIP.  Kalau Kamu lihat di gambar, ada kumpulan lampu lampu LED disana. Lampu -lampu tersebut berwarna merah – hijau – dan biru.

Dimana warna – warna tersebut adalah warna primer.

Nah pada lampu DIP ini umumnya memiliki tingkat kecerahan yang tinggi dan memiliki sifat waterproof. Wajar saja karena fungsinya yang ditempatkan di area outdoor yang harus terkena hujan dan sinar matahari.

Lampu videotron SMD Sedangkan gambar ini adalah contoh lampu jenis SMD yang fungsinya untuk indoor. Terlihat jelas perbedaan lampunya. Jika pada DIP menggunakan lampu besar, tapi di SMD menggunakan lampu yang ukurannya lebih kecil.

Kalau diperhatikan hanya ada satu titik lampu, tapi tahukah Kamu bahwa satu titik lampu tersebut berisi 3 lampu dengan warna primer juga, yaitu merah – hijau – biru.

Nah jadi perbedaannya apa nih antara videotron indoor dan outdoor?

Perbedaan Videotron Indoor Dan Outdoor



Ada beberapa hal yang membedakan videotron outdoor dan indoor, apa saja itu? Simak di bawah ini :

  • Jenis lampu yang digunakan
  • Tingkat kecerahan lampu
  • Ketahanan akan air / kedap air
  • Tingkat kerapatan lampu
  • Power Konsumsi
  • Jarak Pandang

Jenis lampu, sebelumnya sudah saya jelaskan di atas bahwa jenis lampu yang digunakan untuk outdoor adalah DIP sedangkan yang indoor menggunakan SMD.

Tingkat kecerahan lampu, untuk indoor biasanya tidak lebih dari 400-500 nits (satuan ukuran cahaya), sedangkan yang outdoor bisa mencapai 8000 nits atau bahkan diatas 10.000 nits.

Ketahanan air, untuk type outdoor sudah pasti waterproof, sedangkan yang indoor tidak waterproof.

Tingkat kerapatan, pada videotron outdoor cenderung lebih renggang biasanya tingkat kerenggangannya adalah 6 – 32 mm. Sedangkan indoor kerapatannya mulai dari 4 mm sampai 1 mm, bahkan teknologi terbaru ada yang dibawah 1 mm.

Power konsumsi, walaupun lampu DIP memiliki power konsumsi yang lebih besar dari lampu SMD, tapi secara total lampu SMD lebih tinggi pemakaian listriknya. Hal ini karena kerapatan lampu SMD lebih rapat maka jumlah lampu yang digunakan jauh lebih banyak dari DIP, sehingga listrik yang digunakan semakin lebih besar.

Jarak pandang, untuk jarak pandang outdoor biasanya lebih dari 5-10 meter. sedangkan untuk indoor kurang dari 5 meter.

Fungsi Videotron

Belajar dari pengalaman Saya terjun di dunia LED videotron, Saya mengelompokan fungsi layar besar ini menjadi 3 bagian, yaitu :

  • Media promosi / iklan
  • Media komunikasi / informasi
  • Media hiburan / entertainment

Penggunaan videotron untuk promosi biasanya digunakan pada videotron outdoor. Contohnya ya seperti yang Saya tulis di atas, yaitu layar besar yang menempel pada gedung-gedung tinggi dan pinggir-pinggir jalan. Bahkan sekarang sudah banyak mall-mall besar yang menggunakan videotron untuk beriklan juga.

Sedangkan untuk media komunikasi dan informasi umumnya digunakan di area perkantoran dan instansi-instansi pemerintah. Sebagai media komunikasi internal dan informasi, videotron juga bisa difungsikan untuk membranding kantor juga lho.

Sedangkan contoh untuk media hiburan bisa kita lihat pada konser konser besar yang menggunakan layar videotron dibelakang sebagai latar panggung.

Penutup

Sampai sini dulu artikelnya, semoga tulisan ini membantu menambah pengetahuan Kamu tentang definisi videotron yang sebelumnya masih belum Kamu ketahui.

Oh iya Saya juga menulis artikel tentang cara kerjanya lho, kalau Kamu mau tahu bagaimana sistem kerja videotron silahkan simak artikel Saya di bawah ini.

Silahkan baca : Cara Kerja Videotron Outdoor | Device Apa Saja Yang Dibutuhkan?

Semoga bermanfaat.




 

This Post Has 2 Comments

  1. Terimakasih Pak Jun, Informasinya sangat bermanfaat. saya mau bertanya dong apa perbedaan dari panel yang memiliki konseksi serial dan paralel, Terimakasih.

    1. Junaedi Alwi

      Koneksi pada panel videotron umumnya menggunakan metode paralel. Artinya dengan menggunakan metode paralel tidak akan mempengaruhi panel yang lain jika ada gagal sinyal pada salah satu panel yang bermasalah. Sedangkan untuk metode seri, apabila dalam satu rangkaian panel terjadi masalah pada salah satu panel maka akan berpengaruh pada panel yang lain. Konsepnya sama seperti metode seri paralel pada listrik.

      Semoga membantu 🙂

Leave a Reply