Apa Itu Senderbox? Arti & Fungsi Senderbox





Sendingbox atau bisa juga disebut senderbox adalah hal yang wajib ada dalam sistem videotron. Alat ini memiliki fungsi yang vital bagi videotron. Tanpa alat ini videotron tidak akan bisa digunakan.

Pada artikel lain Saya sedikit menjelaskan tentang sending box di artikel “Cara Kerja Videotron Outdoor | Device Apa Saja Yang Digunakan?

Di artikel tersebut Saya memaparkan topologi sederhana untuk solusi videotron outdoor dengan basis offline / koneksi lokal menggunakan kabel Ethernet / RJ45. Seperti inilah tampaknya :

topologi-cara-kerja-videotron-outdoor

Di dalam topologi tersebut ada alat senderbox pada rangkaian topologi. Nah Saya akan jelaskan definisi, fungsi, serta jenis jenis senderbox ini. Mari kita bahas satu persatu.

 

Definisi Senderbox

Senderbox adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai pengubah sinyal data dari media input ke sebuah layar videotron.

Mengubah sinyal data artinya mengubah file data yang berupa gambar / video (jpeg,PNG,MP4,AVI) agar bisa terbaca oleh receiving card.

Wah, apa lagi tuh receiving card?

Jadi begini, agar videotron bisa menampilkan gambar serta video dari media player seperti laptop / CPU dibutuhkan sending card dan receiving card. seperti inilah contoh sending card dan receiving card :

sending card & receiving card

Di dalam senderbox terdapat sending card. Sedangkan receiving card ada di dalam panel videotron. Jadi ini semacam pengirim sinyal (seding card) dan penerima sinyal (receiving card).

Agar file gambar dan video bisa terbaca oleh panel videotron maka file tersebut harus melalui kedua alat tersebut. Tanpa kedua alat ini maka file tidak bisa ditampilkan ke layar. So kedua alat ini wajib ada.

Di artikel ini Saya tidak akan membahas tentang receiving card. Mungkin akan Saya bahas di artikel yang lain. Saya akan fokuskan pembahasan lebih mendalam tentang sederbox saja. Minimal Anda cukup tahu bahwa ada alat pendukung lain bernama receiving card pada sistem videotron.



Fungsi Senderbox

Selain sebagai pengubah sinyal dari media input ke layar videotron, ternyata ada fungsi lain dari alat ini. inilah fungsi lain yang Saya maksud adalah sebagai berikut :

  • Sebagai alat untuk konfigurasi layar
  • Sebagai alat untuk monitoring troouble Shoot
  • Pengelola tingkat kecerahan dan warna layar
  • Sebagai alat kalibrasi warna

Kita akan bahas satu persatu tentang fungsi di atas.

A. Sebagai Alat Untuk Konfigurasi Layar

Ukuran layar videotron yang begitu besar terdiri dari gabungan panel panel videotron. Nah untuk menyambungkan serta mengkoneksikan antara satu panel dengan panel lainnya dibutuhkan proses konfigurasi.

Berarti konfigurasi artinya adalah proses mengkoneksikan antara panel-panel videotron sehingga bisa menjadi satu kesatuan layar.

Untuk mengkonfigurasi layar menggunakan sendingbox diperlukan sofftware untuk melakukan proses ini.

Biasanya software ini sudah satu paket dengan sendingbox. Ketika Anda membeli sebuah sendingbox maka Anda pasti mendapatkan software untuk mengontrol alat tersebut.

Beda merk sendingbox beda pula software yang digunakan. Karena di kantor kami menggunakan merk Novastar maka Saya akan membahas tentang Novastar di artikel ini.

Anyway, di luar sana ada 3 merk senderbox terkenal yang recomended diantaranya ada Linsn, Colorlight, dan Novastar. Ketiganya merk China karena memang China adalah produsen terbesar khusus untuk videotron di dunia.

Balik lagi ke pembahasan konfigurasi. Ketika Anda menggunakan sender Novastar maka software yang digunakan untuk konfigurasi adalah Nova LCT Mars atau bisa juga menggunakan Nova Smart LCT. Kira-kira seperti inilah preview dari software ini.

preview Nova lct mars

Anda bisa mendownload software Nova LCT Mars di link ini. Download Software Nova LCT Mars.

Apa yang terjadi jika layar videotron tidak dilakukan konfigurasi ?

Maka konten Anda akan menyerupai puzzle seperti gambar di bawah ini :

before after konfigurasi layar

So, penting sekali proses konfigurasi. Kali ini Saya tidak menjelaskan secara teknis bagaimana cara konfigurasi, mungkin Saya akan membuatnya di artikel lain beserta videonya.

B. Sebagai Alat Untuk Monitoring Trouble Shoot

Kadang videotron akan menemukan masalah trouble shoot ketika sudah beroperasi sekian lama. Apa saja contoh trouble shoot yang akan terjadi pada LED Videotron.

Lihat gambar di bawah ini :

contoh trouble shoot videotron

Kalau ada permasalahan / troubleshoot seperti gambar di atas maka kita perlu monitoring apa saja komponen yang rusak atau tidak bekerja dengan baik.

Software bisa memberikan indikator permasalahan pada beberapa komponen yang ada dalam videotron tersebut. Tapi apa saja yang bisa di monitor dari software ? Berikut ini adalah beberapa komponen yang bisa di monitor dari software :

  • Kabel Power
  • Kabel Ethernet
  • Kabel Flat
  • Temperatur
  • Power Supply Status
  • Receiving Card Status
  • Sending Card Status

Nah, dengan bantuan monitoring ini, Anda bisa menyingkat waktu untuk menemukan masalah pada videotron Anda.

C. Mengelola Tingkat Kecerahan & Warna

Videotron memiliki tingkat kecerahan yang tinggi. Bahkan untuk videotron outdoor ada yang memiliki kecerahan hingga 10.000 nits.

Tapi dalam pemakaiannya tidak selamanya videotron digunakan pada kecerahan maksimal. Khususnya pada malam hari kecerahan videotron cukup digunakan 20-30% saja. itupun sudah cukup terang jika digunakan pada malam hari.

Mungkin siang hari diperlukan kecerahan 100% karena melawan cahaya matahari, tapi pada kenyataannya penggunaan 100% kecerahan hanya berlangsung beberapa jam saja.

Nah untuk mengatur jadwal kecerahan videotron ada fitur penjadwalan kecerahan yang bisa digunakan.

Fitur ini akan memudahkan Anda untuk menjadwalkan tingkat kecerahan pada videotron Anda.



D. Sebagai Alat Kalibrasi Warna

Penggunaan videotron pada kurun waktu yang lama akan menurunkan tingkat kecerahan serta warna lampu videotron menjadi tidak sebagus pada kondisi baru.

Tentu saja pasti akan ditemukan satu atau beberapa panel videotron yang mengalami penurunan kualitas.

Jika ada satu panel videotron yang kecerahan atau tingkat warnanya tidak sama dengan panel lainnya, maka diperlukan proses kalibrasi agar semuanya terlihat sama.

Tentunya tidak bisa seperti secerah saat baru, akan ada penurunan kualitas beberapa panel mengikuti kualitas panel yang terburuk. Atau opsi kedua adalah mengganti panel yang kualitasnya sudah tidak bagus lagi dengan panel yang baru.

Tapi permasalahannya akan mejadi sama, yaitu panel baru akan tampak paling menonjol secara kecerahan dan ketajaman warna. Untuk itu panel yang baru akan dikalibrasi kualitasnya mengikuti panel yang lain.

Nah proses kalibrasi ini bisa dilakukan menggunakan sending box dengan software dan beberapa alat bantu lainnya seperti kamera untuk memastikan semua layar tampil pada kualitas kecerahan serta ketajaman warna yang sama.

Baca juga : Pengertian Kalibrasi Pada Videotron ? Arti Dan Tujuannya

 

Jenis -Jenis Senderbox

Klasifikasi senderbox pada umumnya diurutkan berdasarkan pada jumlah kapasitas pixel yang dimiliki. Semakin besar jumlah kapasitas pixel yang dimiliki sebuah sendingbox maka semakin besar ukuran videotron yang bisa tercover oleh alat tersebut.

Dalam dunia videotron resolusi adalah hal yang krucial.

Katakanlah jika Anda memiliki sebuah videotron outdoor P10 dengan resolusi layar 360x180p, maka total resolusinya hanya 64.800 pixel.

Anda tidak perlu membeli sendingbox yang memiliki kapasitas besar karena dengan sendingbox yang memiliki kapasitas kurang dari 1 juta pixel pun sudah cukup untuk videotron Anda.

Pada merk Novastar, ada beberapa klasifikasi produk  yang berdasarkan pada jumlah pixel yang dimiliki. berikut ini adalah jenis produk berdasarkan coverage pixelnya.

Jenis senderbox Novastar

So, untuk kasus di atas cukup menggunakan senderbox mctrl 300 dari Novastar untuk mengcover kebutuhan videotron dengan 64.800 pixel.

 

Tambahan

Ingat untuk menggunakan senderbox merk Novastar maka artinya Anda juga harus menggunakan receiving card merk Novastar juga. Karena jika Anda menggunakan merk yang berbeda antara receiving dan sending maka bisa dipastikan tidak akan terkoneksi.

Satu lagi tambahan dari Saya, pastikan Anda paham mengenai resolusi layar Anda sebelum memutuskan membeli senderbox untuk menghemat biaya.

Itu saja artikel dari Saya, semoga bermanfaat untuk Anda dan menjadi tambahan wawasan seputar pengetahuan di dunia videotron.

Jika Anda butuh saran dan memiliki pertanyaan silahkan hubungi Saya di kolom Kontak.




Leave a Reply

Close Menu